AKREDITASI PUSKESMAS KABUPATEN LAMPUNG BARAT SESUAI TARGET

foto bersama tim surveyor akredtasi dengan staf puskesmas Fajar Bulan

AKREDITASI PUSKESMAS KABUPATEN LAMPUNG BARAT SESUAI TARGET

Super Administrator
04 Agustus 2017

 

Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 75 Tahun 2014  bahwa setiap Puskesmas wajib untuk diakreditasi secara berkala paling sedikit tiga tahun sekali.  Akreditasi merupakan salah satu persyaratan kredensial sebagai fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama yang bekerjasama dengan BPJS, sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 71 tahun 2013 tentang Pelayanan Kesehatan Pada Jaminan Kesehatan Nasional Pasal 6 ayat (2).

Tujuan utama akreditasi Puskesmas adalah untuk pembinaan peningkatan mutu, kinerja melalui perbaikan yang berkesinambungan terhadap sistem manajemen, sistem manajemen mutu dan sistem penyelenggaraan pelayanan dan program, serta penerapan manajemen risiko, dan bukan sekedar penilaian untuk mendapatkan sertifikat akreditasi.

Akreditasi Puskesmas ditetapkan oleh Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama. Dimana Komisi akan menugaskan tim surveyor akreditasi untuk menilai puskesmas yang disusulkan oleh Dinas Kesehatan Propinsi. Tim bersifat independent dan ditunjuk secara acak oleh komisi FKTP.

 Penilaian Akreditasi puskesmas di Kabupaten Lampung Barat telah dimulai  sejak Tahun 2016 dan terus berlanjut hingga seluruh puskesmas terakreditasi. Tahun 2016 telah dilakukan survey akreditasi oleh tim surveyor Akreditasi pusat pada  2 (dua) puskesmas yaitu Puskesmas Batu Brak dan Puskesmas Fajar Bulan dan berhasil masuk tingkatan Akreditasi Madya.

 Pada Bulan Maret Tahun 2017 dilakukan survey akreditasi kepada 2 puskesmas yaitu Puskesmas Sumber Jaya dan Puskesmas Liwa oleh tim akreditasi pusat yang berbeda dan berhasil meraih akreditasi madya. Selanjutnya pada  Bulan Mei kembali dilakukan survey akreditasi terhadap 2 puskesmas secara bersamaan oleh tim yang berbeda pada puskesmas  Kenali dan Buay Nyerupa dengan hasil akreditasi tingkat madya.

 Keberhasilan memperoleh tingkat Madya berarti Kemampuan Puskesmas di Lampung Barat sama dengan kemampuan Puskesmas yang memiliki tingkatan yang sama di kota-kota besar. Kemudian selanjutnya pada  tahun 2018 akan dilaksanakan survey akreditasi di 3 (tiga) puskesmas dan pada tahun 2019 akan dilaksanakan survey akreditasi di 2 (dua) puskesmas. Hingga tahun 2019 semua Puskesmas di Lampung Barat terakreditasi. (heca/adp)

Dinas Kesehatan Lampung Barat
Super Administrator
Super Administrator
No matter how exciting or significant a person's life is, a poorly written biography will make it seem like a snore. On the other hand, a good biographer can draw insight from an ordinary life-because they recognize that even the most exciting life is an ordinary life! After all, a biography isn't supposed to be a collection of facts assembled in chronological order; it's the biographer's interpretation of how that life was different and important.
© Copyright 2017. DINAS KESEHATAN Kabupaten Lampung Barat. All Right Reserved
Alamat : Jl.Mawar No 4 Way Mengaku 34811. Telp : (0728) 21118 fax: (0728) 21836