KAMPANYE DAN INTRODUKSI IMUNISASI MR Measles Rubella TAHUN 2018

KAMPANYE DAN INTRODUKSI IMUNISASI MR Measles Rubella TAHUN 2018

Super Administrator
03 Agustus 2017

Komitmen Indonesia untuk mencapai eliminasi penyakit campak dan pengendalian penyakit rubella kecacatan bawaan akibat rubella (Congenital Rubella Syndrome/eRS) tahun 2020, maka perlu dilakukan strategi nasional melalui beberapa kegiatan untuk mewujudkannya. Rangkaian kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada tahun 2017 dan 2018 yaitu pemberian kampanye imunisasi tambahan campak dan rubella. Pelaksanaan kampanye vaksin MR akan menyasar anak usia 9 bulan

MR sendiri merupakan singkatan dari Measles (campak) dan Rubella (Campak Jerman). Kedua penyakit ini adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dan penularannya sangat mudah dari orang yang sakit ke orang sehat melalui udara. Untuk campak, komplikasi yang sering terjadi adalah radang paru-paru (pneumonia), radang otak (ensefalitis) dan radang selaput otak (meningitis) yang dapat mengancam jiwa atau meninggalkan gejala sisa permanen berupa kecacatan seumur hidup. Sedangkan pada campak jerman, komplikasinya berupa radang sendi (artritis) hingga radang otak (ensefalitis), namun bila anak yang sakit menularkan penyakitnya kepada calon mama, janin yang dikandungnya akan menderita retardasi mental, katarak, tuli, kelainan jantung dan gangguan pertumbuhan.

Provinsi Lampung melaksanakan Kampanye dan Introduksi Imunisasi MR pada tahun 2018 dan akan diikuti oleh Dinas Kesehatan Kabupaten, maka Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Barat akan berkoordinasi dengan seluruh jajaran di daerah serta lintas sektor terkait kampanye imunisasi MR dan membentuk Kelompok Kerja Eliminasi Campak dan Pengendalian Rubella/CRS.

 Kampanye dan Introduksi Imunisasi MR secara nasional ini telah dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo pada hari Selasa, 1 Agustus 2017 di Sleman Yogyakarta. Presiden Joko Widodo menegaskan kembali, bahwa imunisasi measles rubella (MR) ini penting sekali bagi anak-anak. Oleh karena itu, diharapkan tidak ada pihak yang akan menolak kegiatan ini karena imunisasi penting bagi kesehatan anak-anak.(tk)

AKREDITASI PUSKESMAS KABUPATEN LAMPUNG BARAT SESUAI TARGET
ANJELIN antar jemput ibu bersalin Program inovasi Puskesmas Buay Nyerupa
Super Administrator
Super Administrator
No matter how exciting or significant a person's life is, a poorly written biography will make it seem like a snore. On the other hand, a good biographer can draw insight from an ordinary life-because they recognize that even the most exciting life is an ordinary life! After all, a biography isn't supposed to be a collection of facts assembled in chronological order; it's the biographer's interpretation of how that life was different and important.
© Copyright 2017. DINAS KESEHATAN Kabupaten Lampung Barat. All Right Reserved
Alamat : Jl.Mawar No 4 Way Mengaku 34811. Telp : (0728) 21118 fax: (0728) 21836