Pertemuan Evaluasi Bantuan Operasional Kesehatan Lampung Barat Semester I tahun 2017

Pertemuan Evaluasi Bantuan Operasional Kesehatan Lampung Barat Semester I tahun 2017

Super Administrator
05 Agustus 2017

Dinas Kesehatan Lampung Barat menyelenggarakan pertemuan  "Evaluasi Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) Lampung Barat Semester I tahun 2017” selama 2 hari dari tanggal 4 Agustus s/d 5 Agustus 2017. Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Agus Darma Putra, S.Si., M.Si sebagai ketua Panitia Penyelenggara menyampaikan bahwa peserta pertemuan sebanyak 35 orang yang terdiri 15 orang Kepala Puskesmas, 15 orang Bendahara BOK Puskesmas, 1 orang Kepala UPTD Farmasi dan 4 orang berasal dari bidang-bidang Dinas Kesehatan Lampung Barat. Tujuan dari pertemuan ini adalah melakukan evaluasi bersama terhadap pelaksanaan Semester I BOK 2017 untuk memecahkan permasalahan yang ditemukan agar dapat mempelancar pelaksanaan BOK pada semester kedua.  permasalahan tersebut dapat berasal dari pelaksanaan teknis di lapangan maupun administrasi baik Puskesmas maupun Dinas Kesehatan sendiri.  

Pertemuan dibuka langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Barat Paijo, SKM., M.kes. sekaligus memberikan sambutan.  Disampaikan bahwa BOK merupakan bantuan pemerintah pusat kepada pemerintah daerah untuk mendukung pencapaian program kesehatan prioritas nasional, khususnya kegiatan promotif preventif sebagai bagian dari upaya kesehatan masyarakat. BOK diarahkan untuk mendekatkan petugas kesehatan kepada masyarakat dan memberdayakan masyarakat melalui mobilisasi kader kesehatan untuk berperan aktif dalam pembangunan kesehatan sehingga program Indonesia sehat dengan pendekatan keluarga tercapai.

Kepala Dinas Kesehatan mengingatkan bahwa anggaran BOK ini dikucurkan untuk mendongkrak program kesehatan nasional dan daerah, keberhasilan program ditunjukkan dari peningkatan capaian indikator dari target kinerja. Sebagai contoh pemicuan STBM  sampai hari ini baru 54 pekon dari total 136 pekon/kelurahan selampung barat, kondisi ini seyogyanya dapat lebih besar dengan pembiayaan berasal dari  BOK. Begitu juga dengan program-program lainnya harus seiring dan sejalan saling mendukung.

Pertemuan dilanjutkan dengan evaluasi serapan BOK smester I  yang baru mencapai 39,6% yang seharusnya bisa mencapai 50 %, beberapa kendala disampaikan oleh pengelola BOK Puskesmas diantaranya adalah keterlambatan dari pengelola program dalam mengumpulkan laporan pertanggungjawaban keuangan, sehingga memperlambat laporan oleh pengeloa BOK.

Evaluasi dilanjutkan penulusuran dan pembenahan dokumen pelaporan setiap puskesmas dengan fasilitator Kepala seksi  KeslingKesjaor Darwin Setiawan, SKM., M.kes, Kepala Seksi Kesgagizi Ns. Nurita Yulia, S.Kep,  Kepala Seksi Promkes Yuli Safitri, SKM dan Kasubag Keuangan Siti Nur Khotijah, SE.MM. (melda/adp)

AKREDITASI PUSKESMAS KABUPATEN LAMPUNG BARAT SESUAI TARGET
Tenaga Analis Laboratorium Puskesmas Kenali Raih Teladan Tingkat Nasional
Super Administrator
Super Administrator
No matter how exciting or significant a person's life is, a poorly written biography will make it seem like a snore. On the other hand, a good biographer can draw insight from an ordinary life-because they recognize that even the most exciting life is an ordinary life! After all, a biography isn't supposed to be a collection of facts assembled in chronological order; it's the biographer's interpretation of how that life was different and important.
© Copyright 2017. DINAS KESEHATAN Kabupaten Lampung Barat. All Right Reserved
Alamat : Jl.Mawar No 4 Way Mengaku 34811. Telp : (0728) 21118 fax: (0728) 21836