advertorial

PROGRAM KESEHATAN

DINAS KESEHATAN KABUPATEN LAMPUNG BARAT

TAHUN 2017

 

Pembangunan kesehatan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya. Keberhasilan pembangunan kesehatan tersebut tidak hanya ditentukan oleh kinerja faktor kesehatan semata, melainkan sangat dipengaruhi oleh interaksi yang dinamis dari berbagai sektor terkait yaitu pemerintah, swasta dan masyarakat. Oleh karenanya untuk mencapai tujuan tersebut perlu dilakukan pembangunan kesehatan yang berkesinambungan baik Pemerintah, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota, maupun oleh masyarakat dan swasta.

Puskesmas sebagai perpanjangan tangan dari Dinas Kesehatan dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat hendaknya tidak lagi menjadi sarana pelayanan pengobatan dan rehabilitatif saja tetapi juga lebih ditingkatkan pada upaya promotif dan preventif. Oleh karena itu promosi kesehatan (promkes) menjadi salah satu upaya wajib di puskesmas. Promosi kesehatan di puskesmas merupakan upaya puskesmas dalam memberdayakan pengunjung dan masyarakat baik didalam maupun di luar puskesmas agar berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) untuk mengenali masalah kesehatan, mencegah dan menanggulanginya. Dengan promosi kesehatan juga menjadikan lingkungan puskesmas lebih aman, nyaman, bersih dan sehat dalam mendukung perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Promosi kesehatan dipuskesmas merupakan tanggung jawab bersama antara petugas, pengunjung maupun masyarakat. Petugas puskesmas diharapkan menjadi teladan perilaku sehat dimasyarakat dan melahirkan gerakan pemberdayaan masyarakat. Sedang para pengunjung puskesmas yaitu para pasien dan keluarganya dapat menerapkan perilaku sehat juga aktif menjadi penggerak atau kader kesehatan dimasyarakat. Upaya dimaksud juga menjadi tangung jawab pemerintah kabupaten/kota beserta jajaran sektor terkait untuk memfasilitasi puskesmas agar dapat melaksanakan promosi kesehatan di puskesmas.

Promosi kesehatan di masyarakat tidak hanya memberikan informasi mengenai kesehatan di puskesas namun melalui kegiatan UKBM (Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat) yang telah ada. Kegiatan UKBM yang telah ada di puskesmas di wilayah Kabupaten Lampung Barat diantaranya : Poskesdes, Posyandu, Posbindu, Posyandu Lansia, Poskestren, Saka Bhakti Husada dan masih banyak yang lainnya yang langsung melibatkan masyarakat.

Kegiatan UKBM diselenggarakan dari masyarakat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat dengan bantuan tenaga kesehatan dan pemerintah tingkat pekon, kecamatan hingga kabupaten maupun provinsi. Peran serta masyarakat sangatlah menentukan keberhasilan kegiatan UKBM demi terwujudnya kesehatan masyarakat yang optimal yang dimulai dari keluarga. Untuk meningkatkan kegiatan promosi di puskesmas maka telah di laksanakan perekrutan 15 (lima belas) orang Tenaga Kontrak Promotor Kesehatan pada bulan februari dan saat ini telah di tempatkan di seluruh puskesmas di Kabupaten Lampung Barat.

Kegiatan Dinas Kesehatan yang menyentuh langsung masyarakat pada tahun 2017 yaituPendataan Keluarga Sehat yang merupakan salah satu program kerja nasional Pemerintah di bidang kesehatan dan akandimulai bulan Mei 2017,kemudian akan terus berlanjut hingga tahun 2019. Pendataan Keluarga Sehat bertujuan untuk mendekatkan pelayanan kesehatan langsung dari kelompok masyarakat terkecil yaitu keluarga, selain itu karena Puskesmasharusmempunyai database kesehatanseluruhkeluarga/individu di wilayahkerjanya sehingga akan terwujud gambaran kesehatan masyarakat secara baik untuk menjadi dasar bagi pemerintah dan pihak terkait dalam mengambil keputusan atau kebijakan dari permasalahan kesehatan yang ada di masyarakat.

Pendataan pada tahun 2017 di utamakan pada puskesmas yang menjadi prioritas Kementerian Kesehatan RI, untuk Kabupaten Lampung Barat yang menjadi fokus berjumlah 6 (enam) puskesmas yaitu : Puskesmas Sumberjaya, Puskesmas Fajar Bulan, Puskesmas Bandar Negeri Suoh, Puskesmas  Kenali, Puskesmas Liwa dan Puskesmas Buay Nyerupa.Pendataan Keluarga Sehat ini akan dilakukan kepada seluruh penduduk di wilayah kerja puskesmas (total coverage) sehingga diperlukan dukungan dari seluruh masyarakat dan aparat pemerintah dari tingkat Lingkungan/Pemangku, Pekon/Kelurahan hingga tingkat Kabupaten.

Selain kegiatan Pendataan Keluarga Sehat, pada tahun 2017 ini juga Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Barat memiliki kegiatan lain yang melibatkan berbagai sektor pemerintahan dan masyarakat yaitu Penilaian Kabupaten Sehat. Penyelenggaraan Kabupaten Sehat dilakukan melalui berbagai kegiatan dengan memberdayakan masyarakat yang difasilitasi oleh Pemerintah Kabupaten untuk mewujudkan Kabupaten Sehat. Kabupaten Sehat merupakan proses yang terus-menerus dalam menciptakan dan meningkatkan kualitas lingkungan baik fisik, sosial maupun budaya yang melibatkan unsur lintas sektor, lintas program, tokoh agama, tokoh masyarakat, TP PKK maupun para profesional bidang kesehatan sehingga akan tercapai derajat kesehatan yang diharapkan.

Untuk Provinsi Lampung dari 15 Kabupaten/Kota yang ada, hanya 3 (tiga) Kabupaten/Kota yang mengikuti Penilaian Kabupaten Sehat Tingkat Nasional yaitu Kabupaten Lampung Barat, Kabupaten Pringsewu dan Kota Metro. Pada tahun 2017 Kabupaten Lampung Barat mengikuti penilaian Kabupaten Sehat Tingkat Nasional Swasti Saba Wiwerda, dimana pada tahun 2015 yang lalu Kabupaten Lampung Barat mendapatkan penghargaan Kabupaten Sehat Tingkat Nasional Swasti Saba Padapa.

Berdasarkan Surat Keputusan Bupati No : B/126/KPTS/III.02/2017 tentang Penetapan Tatanan Kabupaten Sehat,jumlah tatanan yang dipilih untuk penilaian sebanyak 5 tatanan yaitu (1) Kawasan permukiman, sarana dan prasarana umum, (2) Kawasan industri dan perkantoran sehat, (3) Kawasan hutan sehat, (4) Kawasan ketahanan pangan dan gizi, (5) Kehidupan masyarakat sehat yang mandiri.

Sebagai gambaran Forum Komunikasi Kecamatan Sehat (FKKS) yang sudah terbentuk sebanyak 15 FKKS dari 15 kecamatan yang ada (100%), pokja pekon yang sudah terbentuk sebanyak 124 pokja pekon dari 136 pekon yang ada (91%).Berkaitan dengan Penilaian Kabupaten Sehat hal-hal yang telah dilakukan yaitu :

  1. Melaksanakan konsultasi dengan Dinas Kesehatan Propinsi dan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
  2. Membenahi Sekretariat Forum Kabupaten Sehat yang berlokasi di Gedung PKK Kabupaten.
  3. Mengumpulkan dan membenahi sebagian dokumentasi untuk kelengkapan administrasi dan mengirimkan sebagian dokumen untuk di verifikasi oleh tim Propinsi.
  4. Melakukan rapat intern di Dinas Kesehatan berkaitan dengan penilaian Kabupaten Sehat.
  5. Melakukan rapat Tim Pembina Teknis berkaitan dengan kelengkapan berkas dokumen yang akan dikirimkan ke Provinsi.
  6. Pertemuan Rapat Forum Kabupaten Sehat Lampung Barat Tahun 2017 di Aula Bappeda dan mendampingi Tim Pembina Provinsi ke sekretariat Kabupaten Sehat, FKKS dan lokus penilaian sesuai tatanan.
  7. Melakukan koordinasi dengan Ketua Forum Kabupaten Sehat dan Ketua Tim Pembina Teknis Kabupaten Sehat.
  8. Melakukan Pembinaan Forum Komunikasi Kecamatan Sehat di 5 (lima) Kecamatan lokus penilaian.
  9. Jika lolos hasil verifikasi dokumen oleh tim pusat direncanakan verifikasi lapangan oleh tim pusat antara bulan Juli s/d bulan Oktober 2017.

Kegiatan lainnya yang telah dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Barat untuk mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat adalah dengan mengadakan Rumah Tunggu Kelahiran (RTK) hal ini karena untuk menurunkan angka kematian ibu, maka setiap persalinan harus ditolong oleh tenaga kesehatan. Oleh karena itu, setiap ibu hamil harus mempunyai akses terhadap petugas dan pelayanan kesehatan. Namun demikian, akses ternyata masih menjadi persoalan di sebagian wilayah Indonesia, khususnya didaerah tertinggal, perbatasan dan kepulauan. Hal tersebut antara lain disebabkan adanya keterbatasan infrastruktur dan transportasi, kondisi geografis dan cuaca yang sulit, serta masih kurangnya tenaga kesehatan.

Kabupaten Lampung Barat merupakan daerah dengan kondisi geografis dan cuaca yang sulit,hal tersebut menyulitkan proses rujukan ke fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) terdekat ketika ada ibu hamil atau ibu bersalin yang mengalami komplikasi. Rumah Tunggu Kelahiran (RTK) adalah suatu tempat atau ruangan yang berada di dekat fasyankes (Poskesdes, Puskesmas, Rumah Sakit) yang dapat digunakan sebagai tempat tinggal sementara bagi ibu hamil dan pendampingnya (suami/Kader/keluarga) selama beberapa hari sebelum persalinan tiba dan beberapa hari setelah bersalin. Sasaran Rumah Tunggu Kelahiran diutamakan adalah ibu hamil yang berasal dari daerah dengan akses sulit yang memiliki faktor risiko atau risiko tinggi.

RTK ini bertujuan untuk mendekatkan akses pelayanan kesehatan kepada ibu hamil, ibu bersalin, ibu nifas dan bayi baru lahir sehingga terjadi peningkatan jumlah persalinan di fasilitas pelayanan kesehatan serta menurunkan kasus komplikasi pada ibu hamil, ibu bersalin dan ibu nifas serta bayi baru lahir. Pada saat ini di Kabupaten Lampung Barat memiliki 10 (sepuluh) Rumah Tunggu Kelahiran yang tersebar dibeberapa wilayah/kecamatan, berikut alamat Rumah Tunggu Kelahiran yang ada di Kabupaten Lampung Barat dan Bandar Lampung  yangsudah bisa dinikmati oleh masyarakat Lampung Barat  :

  1. Batu Brak   : Jln. Bunyamin Komplek Pasar Jumat, Kecamatan Batu Brak
  2. Pagar Dewa : RT Induk Dusun 07 Pekon Basungan, Kecamatan Pagar Dewa
  3. Kebun Tebu : Jln. Bungin No 121 Purawiwitan Kecamatan Kebun Tebu
  4. Batu Ketulis : Desa Batu Kebayan, Kecamatan Belalau
  5. RTK RSUD : Jln. Raden Intan Gg Rukun Way Mengaku,Kecamatan Balik Bukit
  6. Sumber Jaya : Gg. Inpres Margawiwitan 1 Kel. Tugu Sari, Kecamatan Sumber Jaya
  7. Lombok : Pemangku repong begayut Pekon Sukamaju, Kecamatan Lumbok Seminung
  8. Buay Nyerupa : Jalan Raya Liwa Ranau KM 19 Pekon Buay Nyerupa Kecamatan Sukau
  9. Sekincau : Jln. Fatmawati, Pemangku II Pekon giham Sukamaju, Kecamatan Sekincau
  10. RTK Lampung Barat berada di Bandar Lampung : Kelurahan Labuhan Ratu Kecamatan Kedaton.
© Copyright 2017. DINAS KESEHATAN Kabupaten Lampung Barat. All Right Reserved
Alamat : Jl.Mawar No 4 Way Mengaku 34811. Telp : (0728) 21118 fax: (0728) 21836