Tupoksi

TUGAS, FUNGSI DINAS KESEHATAN KABUPATEN LAMPUNG BARAT

 

Kepala Dinas

 

  • Kepala Dinas Kesehatan mempunyai tugas melaksanakan urusan pemerintah daerah berdasarkan asas otonomi dan tugas pembantuan di bidang kesehatan.

 

  • Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) tersebut diatas, Kepala Dinas Kesehatan mempunyai fungsi :
  1. perumusan, penetapan, dan pelaksanaan kebijakan teknis di bidang kesehatan masyarakat, pencegahan dan pengendalian penyakit, pelayanan kesehatan, dan sumber daya kesehatan;
  2. koordinasi pelaksanaan tugas, pembinaan, dan pemberian dukungan administrasi kepada seluruh unsur organisasi di lingkungan Dinas Kesehatan;
  3. pengawasan atas pelaksanaan tugas di lingkungan Dinas Kesehatan;
  4. penyelenggaraan urusan pemerintahan dan pelayanan umum di bidang Kesehatan;
  5. pelaksanaan administrasi sesuai dengan lingkup tugas di bidang kesehatan;
  6. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh bupati di bidang kesehatan.

 

Sekretariat Dinas

 

  • Sekretariat Dinas Kesehatan mempunyai tugas mengkoordinasikan dan menyelenggarakan kegiatan kesekretariatan, penyusunan program, evaluasi dan pelaporan dan pengelolaan informasi, pengelolaan keuangan dan aset, dan pelaksanaan pelayanan administrasi yang meliputi urusan hukum, kepegawaian dan umum pada seluruh unit organisasi di lingkungan Dinas Kesehatan.

 

  • Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) tersebut di atas, Sekretariat Dinas Kesehatan mempunyai fungsi :
  1. koordinasi kegiatan Dinas Kesehatan;
  2. koordinasi dalam penyusunan rencana, program, dan anggaran Dinas Kesehatan;
  3. pelaksanaan tugas administrasi umum dan administrasi kepegawaian, urusan hukum, perlengkapan, keuangan, aset, arsip, dokumentasi dan kerumahtanggaan;
  4. pembinaan dan penataan organisasi dan tata laksana;
  5. pelayanan administrasi; dan
  6. pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan lingkup Sekretariat dan Dinas Kesehatan.

 

Bidang Kesehatan Masyarakat

 

  • Bidang Kesehatan Masyarakat mempunyai tugas melaksanakan, membina dan mengkoordinasikan serta menyelenggarakan sebagian tugas Dinas Kesehatan melalui kegiatan kesehatan keluarga, perbaikan gizi, promosi kesehatan, pemberdayaan masyarakat, kesehatan lingkungan, kesehatan kerja dan olahraga.
  • Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) tersebut di atas, Bidang Kesehatan Masyarakat, mempunyai fungsi :
  1. perencanaan dan pelaksanaan kegiatan di bidang kesehatan masyarakat;
  2. penyiapan perumusan kebijakan teknis di bidang kesehatan masyarakat;
  3. pelaksanaan dan pengkoordinasian kegiatan di bidang kesehatan masyarakat;
  4. pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan kegiatan di bidang kesehatan masyarakat.

Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit

  • Bidang Pencegahan dan pengendalian Penyakit mempunyai tugas pokok merencanakan melaksanakan, membina dan mengkoordinasikan serta menyelenggarakan sebagian tugas dinas kesehatan dalam surveilans penyakit, pelayanan imunisasi, pencegahan dan pengendalian penyakit menular, penyakit tidak menular,pelayanan kesehatan jiwa, pencegahan dan penanggulangan penyalahgunaan Narkotika Psikotropika dan Zat Adiktif, dan pelayanan kesehatan haji.

 

  • Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) tersebut di atas, Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit mempunyai fungsi :
  1. Perencanaan, penyiapan perumusan kebijakan teknis di bidang pencegahan dan pengendalian penyakit;
  2. Pelaksanaan dan pengkoordinasikan program/kegiatan di bidang pencegahan dan pengendalian penyakit;
  3. Pemantauan,pembinaan, monitoring, evaluasi dan pelaporan program/kegiatan di bidang pencegahan dan pengendalian penyakit.

Bidang Pelayanan Kesehatan

  • Bidang Pelayanan Kesehatan mempunyai tugas pokok merencanakan, melaksanakan, membina, mengkoordinasikan serta menyelenggarakan sebagian tugas Dinas Kesehatan dalam peningkatanpelayanan kesehatan primer dan pelayanan kesehatan rujukan, serta pelayanan kesehatan lainnya, peningkatan mutu fasilitas kesehatan primer dan fasilitas kesehatan rujukan, peningkatan pelayanan kesehatan tradisional, serta pengelolaan jaminan/pembiayaan kesehatan Puskesmas.

 

  • Untuk menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1) tersebut di atas, Bidang Pelayanan Kesehatan mempunyai fungsi:
  1. perencanaan dan pelaksanaan kegiatan di Bidang Pelayanan Kesehatan;
  2. pelaksanaan dan pengkoordinasian kegiatan di Bidang Pelayanan Kesehatan;
  3. evaluasi, dan pelaporan kegiatan di Bidang Pelayanan Kesehatan.

Bidang Sumber Daya Kesehatan

  • Bidang Sumber Daya Kesehatan mempunyai tugas membuat perumusan kebijakan operasional, merencanakan, melaksanakan dan menyelenggarakan, membina dan mengkoordinasikan sebagian tugas Dinas Kesehatan di bidang kefarmasian, makanan dan minuman, sarana prasarana dan alat kesehatan, dan sumber daya manusia kesehatan.
  • Untuk menyelenggarakan tugas dimaksud, Bidang Sumber Daya Kesehatan mempunyai fungsi :
  1. menyiapkan perumusankebijakanoperasionaldibidang kefarmasian, makanan dan minuman, sarana prasarana dan alat kesehatan, dan sumber daya manusia kesehatan;
  2. menyusun perencanaan kegiatan dan program di bidang kefarmasian, makanan dan minuman, sarana prasarana dan alat kesehatan, dan sumber daya manusia kesehatan;
  3. melaksanakan dan mengkoordinasikan kegiatan dan program di bidang kefarmasian, makanan dan minuman, sarana prasarana dan alat kesehatan, dan sumber daya manusia kesehatan;
  4. melaksanakan pembinaan, bimbingan teknis, pengawasan, supervisi, pemantauan di bidang kefarmasian, makanan dan minuman, sarana prasarana dan alat kesehatan, dan sumber daya manusia kesehatan;
  5. melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan di bidang kefarmasian, makanan dan minuman, sarana prasarana dan alat kesehatan, dan sumber daya manusia kesehatan.
© Copyright 2017. DINAS KESEHATAN Kabupaten Lampung Barat. All Right Reserved
Alamat : Jl.Mawar No 4 Way Mengaku 34811. Telp : (0728) 21118 fax: (0728) 21836